Cara Menganalisis Jawaban dan Merekap Nilai Siswa di Quizizz

Seperti yang sudah Bapak dan Ibu Guru ketahui, quizizz merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi/media pembelajaran berbasis daring. Media ini sangat cocok digunakan bagi pembelajaran melalui daring. Karena tanpa harus bertatap muka, soal-soal dikemas dengan quiz yang sangat menarik bisa disampaikan kepada siswa.

Quizizz Kuis Yang Mirip Game

Smartsosiologi-Stay on sosiologi, Hallo sahabat sosiologi semua, sudah lama ini admin belum posting mengenai media pembelajaran lagi ya, hehe. Nah kali ini admin akan posting mengenai cara merekap nilai siswa pada aplikasi media pembelajaran quizizz.

Seperti yang sudah sahabat sosiologi tahu memang dalam kondisi yang seperti sekarang tidak memungkin untuk kegiatan belajar mengajar bertatap muka secara langsung di kelas. Karena dampak dari COVID19 menyebabkan proses KBM berubah 180 derajat.

Dari yang tadinya di dalam kelas di sekolah, kegiatan belajar mengajar secara fisik dilakukan. Sekarang diharuskan oleh Pemerintah dilakukan secara daring atau online. Tentunya akan sangat terasa berbeda, karena sentuhan-sentuhan teknologi komputer dan internet akan sangat sering ditemui.

Sahabat sosiologi pastinya sudah mengetahui kalau ada banyak aplikasi atau media pembelajaran berbasis daring yang saat ini bisa digunakan untuk kegiatan KBM. Mulai dari yang sederhana/gratis sampai yang berbayar. Salah satunya adalah quizizz.

Baca Juga : Jadi Guru Millenial Buat Kuis Online dengan Aplikasi Quizizz

Quizizz merupakan aplikasi media pembelajaran berbasis daring yang banyak dipakai saat ini oleh Bapak dan Ibu Guru. Karena keunikannya yang malah lebih mirip quiz daripada quiz aslinya wkwk. Gimana sih min? hehe. Quizizz itu unik, uniknya mengerjakan soal quiz tapi lebih mirip game.

Ketika mengerjakan soal di quizizz, ada musiknya, kemudian ada gambar meme yang keluar ketika soal selesai dikerjakan dan ganti ke soal yang berikutnya. Lalu ada item-item seperti dalam game-game moba, bisa untuk mengulang jawaban yang salah, menghentikan waktu yang berjalan, menambah point dll.

Cara Merekap Nilai di Quizizz

Cara untuk melihat nilai siswa yang mengerjakan quizizz cukup mudah. Karena sahabat sosiologi tinggal masuk ke dalam akun sahabat sendiri. Untuk lebih jelasnya mari simak tahap-tahapnya dibawah :

  1. Login kedalam akun quizizz (melalui PC/Personal Computer)
  2. Setelah itu akan masuk di dasborguru
  3. Atau ketika sedang di beranda bisa klik dasboard guru disebelah kanan atas
  4. Lalu pilih menu “hasil” di sebelah kiri
  5. Setelah itu akan muncul quiz yang sahabat buat
  6. Pilih quiz yang akan dianalisis atau direkap nilainya
  7. Setelah dipilih akan muncul nama-nama siswa (warna hijau pada garis kolom menunjukkan prosentase jawaban benar dan warna melah adalah prosentase jawaban salah)
  8. Selanjutnya klik nama siswa untuk melihat jawaban benar dan salahnya
  9. Selesai deh.
  10. Lebih jelasnya simak gambarnya dibawah (disesuaikan dengan nomor urut langkah-langkahnya)
1. login quizizz
2. Dasbor guru
3. Kalau sedang diberanda klik dasbor guru
4. menu hasil
5 dan 6 Pilih Quiz yang akan direkap nilainya
7. Nama-nama siswa dalam quiz yang sudah dipilih
8. Klik nama siswa untuk melihat jawaban dan merekap nilai

Nah itu tadi langkah-langkah untuk menganalisis atau merekap nilai jawaban siswa dari aplikasi atau software quizizz. Cukup mudah bukan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share postingan ini agar sahabat-sahabat yang lain bisa mengetahui informasi cara merekap nilai siswa melalui aplikasi quizizz. Salam smartsosiologi.

Leave a Comment