Jadi Guru Tamu Dengan Zoom Cloud Meetings

Akhir-akhir ini media belajar daring/online banyak digunakan oleh guru dan siswa diseluruh pelosok tanah air. Efek dari COVID19 ini mengharuskan situasi pembelajaran langsung didalam kelas menjadi terganggu. Namun hal ini tidak menyurutkan niat dan semangat siswa dan guru untuk belajar, karena ada banyak media untuk belajar daring. Salah satunya adalah zoom cloud meetings.

Smartsosiologi-stay on sosiologi. Salah satu media belajar yang digunakan dalam pembelajaran daring yaitu zoom. Aplikasi Zoom Cloud Meetings dibuat pertamakalinya memang untuk melakukan rapat atau conference. Sehingga agenda rapat bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, karena aplikasi ini bisa diinstall baik dilaptop/pc maupun di android/ios.

Zoom Cloud Meetings

Zoom Cloud Meetings adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang dikembangkan khusus untuk menjadi media rapat secara daring dimanapun anda berada. Fitur-fitur yang disediakan sangat menarik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Salah satu fiturnya yaitu screen sharing. Fitur ini bisa sahabat sosiologi gunakan untuk membagikan media ppt, word, dan media belajar lainnya yang terdapat dalam layar komputer anda ke orang lain yang sedang terhubung. Sederhananya adalah ketika sahabat sosiologi mengajar daring bisa memperlihatkan power point yang sedang dibuka dilayar laptop dan pc.

Ada yang lebih menarik lagi yaitu aplikasi Zoom dapat anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Menurut admin itu yang paling penting sih, hehe.

Fitur Aplikasi Zoom Cloud Meetings

Aplikasi Zoom Cloud Meetings mempunyai banyak fitur yang bisa sahabat sosiologi gunakan. Diantaranya adalah kualitas layar yang lebih baik, kualitas video tinggi dan dapat dilakukan di perangkat Android dengan berbagi layar secara langsung dan cepat.

Aplikasi memungkinkan anda untuk berbagi alamat situs, Google Drive, foto, Dropbox, file dokumen dan masih banyak lagi. Cara menggunakan aplikasi Zoom terbilang cukup mudah. Kemudahan bisa anda dapatkan dengan adanya fitur yang bisa dipakai untuk telepon, mengirim pesan, undangan, email serta company contacts.

Selain itu, juga bisa mengirimkan teks ke grup, gambar dan audio dari ponsel ke perangkat komputer yang anda inginkan. Kelebihan lainnya adalah terdapat mode mengemudi, adanya jaringan Wifi, 3G dan 4G LTE. Status kontak yang anda miliki dapat terlihat availability dan tidak.

Aplikasi dapat memperlihatkan peserta yang webinar atau interaktif. Tidak kalah menarik lagi, aplikasi dengan mudah dapat terhubung dengan perangkat apapun. Misalnya saja, Android, iOS, Windows, Mac, telepon, sistem ruang H.323/SIP dan ZoomPresence.

Cara Jadi Guru Tamu di Zoom

Mungkin sahabat sosiologi semua sudah pernah mendengar istilah tersebut diperkuliahan. Dosen tamu namanya, nah konsepnya sama dengan dosen tamu. Dosen tamu merupakan dosen dari fakultas lain atau kampus lain yang sengaja diundang oleh dosen setempat untuk mengajar dalam jangka waktu tertentu. Kegiatan ini biasanya menghadirkan dosen tamu secara fisik ke kampus yang mengundang dosen tamu tersebut.

Walaupun memiliki kesamaan konsep dengan dosen tamu, guru tamu dengan zoom cloud meetings ini memiliki perbedaan yang lumayan signifikan. Kesamaannya hanya mengundang seorang guru untuk mengajar dikelas sahabat sosiologi. Namun memiliki perbedaan yaitu kegiatan belajar mengajarnya melalui daring zoom cloud meetings. Jadi guru tidak datang secara fisik ketempat sahabat sosiologi mengajar.

Langkah-langkah mengundang guru tamu

Sebelum ke langkah-langkahnya, alangkah lebih baik kita samakan persepsi dulu guru pengundang selanjutnya akan disebut guru setempat, dan guru yang datang menjadi guru tamu. Asumsi saya disini sahabat sosiologi sudah bisa cara menggunakan zoom cloud meetings ya. Kalau belum paham tutorialnya tungguin aja linknya nanti akan admin buatkan disini.

  1. Guru setempat menyiapkan materi yang akan diajarkan kepada siswa.
  2. Guru setempat mengundang guru tamu untuk bisa menjadi tamu dikelas guru setempat.
  3. Guru setempat juga memberi tahu materi yang akan diajarkan kepada guru tamu, agar guru tamu menyiapkan juga materinya.
  4. Setelah urusan materi selesai guru setempat memberikan ID dan token zoom cloud meetings kepada guru tamu, agar bisa digunakan guru tamu masuk ke dalam class daring.
  5. Guru setempat memberi tahu kepada muridnya kalau akan ada guru tamu dikelasnya.
  6. Guru setempat memberi tau waktu kapan class daring dimulai kepada siswanya dan kepada guru tamu.
  7. Guru setempat bisa membuatkan semacam poster yang menarik tentang acara guru tamu ini.
jadi guru tamu dengan zoom class meetings 1

Langkah-langkah pelaksanaan zoom class meetings guru tamu

  1. Guru setempat membuka kelas daring dengan siswa-siswanya,
  2. Menerangkan sedikit materi pembukaan kepada siswanya.
  3. Setelah beberapa saat memberikan materi kepada siswa, guru setempat menghubungi guru tamu lewat aplikasi whatsapp.
  4. Setelah dihubungi guru setempat, guru tamu masuk ke kelas daring menggunakan ID dan token yang sebelumnya sudah diberikan.
  5. Kelas daring guru tamu dengan zoom cloud meetings siap dimulai.

Guru tamu dengan zoom cloud meetings ini merupakan inspirasi dari Ibu Ika Riba Juwanita beliau adalah founder dari ikaribajuwanita.com. Admin juga sudah pernah menjadi guru tamu di kelasnya Bu Ika yang juga mengajar di SMAN 1 Bekasi. Semoga sahabat sosiologi yang lain juga bisa menggunakan metode belajar ini dalam kelas. Salam smartsosiologi, 2020.

Leave a Comment