Media Pembelajaran Komik Sosiologi Asyik, Kreatif, dan Menarik

Hallo sahabat sosiologi semua, sudah lama ini admin nggak  posting materi lagi di smartsosiologi.com. Kangen nggak? Hehe, oiya kali ini admin akan post mengenai media pembelajaran yang super duper asyik dan menarik.

Komik sosiologi, nah ini adalah media pembelajaran yang akan admin bahas kali ini. Sebenarnya komik sosiologi bukan hal yang baru lagi. Karena mata pelajaran lain sudah banyak yang menggunakan, atau mungkin mata pelajaran sosiologi juga sudah diterapkan oleh guru-guru sosiologi di Indonesia yang kece badai hehe.

Tapi admin disini akan menjelaskan bagaimana penerapan komik asyik sosiologi ini dengan lebih mendetail, tentu dengan versinya smartsosiologi dong.

Oke mari kita mulai pembahasannya, komik sosiologi ini pada dasarnya mirip dengan komik-komik lain. Seperti komik sinchan, doraemon, manga naruto, dan manga yang lainnya. Ada gambar berupa karakter tokoh, kemudian ada tulisan diatas karakter yang dibuat semirip mungkin dengan komik yang sering dibaca para siswa.

Monopoli Sosiologi, Media Belajar yang Super Duper Asyik!

Namun tetap ada yang membedakan, diantaranya isi cerita dan karakter-karakternya yang unik dan lucu. Karakter yang unik dan lucu buatan para siswa menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga bisa menambah keingintahuan siswa tentang jalan cerita yang ada dalam komik.

Langkah-langkah pembuatan komik sosiologi

Untuk langkah-langkah pembuatan komik sosiologi ini cukup simple, hanya membutuhkan kreatifitas siswa dan materi yang diberikan oleh guru:

  1. Guru menyiapkan materi yang pas dan bisa dibuat untuk media pembelajaran komik sosiologi. Contoh : Jenis-jenis konflik dan macam-macam kelompok sosial.
  2. Membuat kelompok siswa sesuai dengan jumlah materi yang disiapkan oleh guru.
  3. Setelah siswa dibagi dalam beberapa kelompok selanjutnya tugas guru untuk membagi materi ke masing-masing kelompok siswa.
  4. Siswa diberi pengarahan mengenai kriteria komik yang akan dibuat (kriteria komik akan dijelaskan dibawah)
  5. Selanjutnya guru mendampingi siswa dalam proses pembuatan komik sosiologi.

Kriteria komik sosiologi agar seragam

Kriteria komik sosiologi agar seragam dan bisa digunakan untuk KBM :

  1. Dimulai dari jumlah halaman komik, halaman komik yang dibuat oleh para siswa maksimal 5 lembar dan minimal 3 lembar selain halaman sampul.
  2. Tidak diperkenankan dibuat dikertas bolak-balik, untuk meminimalisir tinta tembus sehingga merusak gambar komik.
  3. Dalam satu halaman komik dianjurkan minimal dibagi menjadi 3 baris horizontal, sehingga ada bagian tengah, atas dan bawah.
  4. Diusahakan dibuat dikertas HVS A4 atau F4 jangan dikertas folio.
  5. Halaman sampul dibuat semenarik mungkin, sehingga bisa mewakili isi dan jalan cerita dari komik yang dibuat (ini membutuhkan kreatifitas siswa).
  6. Agar lebih menarik komik bisa diwarnai.
  7. Siswa diberi kebebasan memilih atau membuat karakter sesuai dengan imajinasinya seperti karakter orang diganti dengan gelas, sendok, piring, yang setting latarnya sedang berada ditempat cucian, bisa juga yang lain.
  8. Tidak boleh mengisi dengan kalimat percakapan yang tidak pantas, yang sewajarnya saja.
  9. Jalan cerita atau alur cerita dibuat semenarik dan selaras dengan materi yang diberikan oleh guru.
  10. Gambar karakter dan tulisan kalimat percakapan harus dibuat sejelas mungkin
  11. Siswa diperbolehkan berkreasi namun tetap dibatasi dengan aturan main di atas.

Cara presentasi komik sosiologi

Setelah komik selesai dibuat, teknis presentasinya bukan seperti presentasi klasik dibawa ke depan kelas lalu dijelaskan. Karena ini komik maka presentasi yang pas dilakukan adalah dibaca oleh semua kelompok beserta anggotanya. Teknis presentasi sebagai berikut :

Jadi Guru Millenial Buat Kuis Online dengan Aplikasi Quizizz

  1. Kita anggap ada 5 kelompok dalam satu kelas, dalam 1 kelompok ada 5 anggota
  2. Masing-masing kelompok memiliki komik yang sudah dibuat
  3. Komik dari kelompok 1 diberikan kepada kelompok 2, kelompok 2 ke kelompok 3, dan seterusnya. Sampai kelompok 5 diberikan kepada kelompok 1.
  4. Guru memberi batasan waktu untuk membaca disetiap kelompok boleh 3-5 menit.
  5. Setelah 3-5 menit komik harus diberikan kepada kelompok selanjutnya
  6. Komik akan berputar dimasing-masing kelompok sampai akhirnya kembali ke kelompok masing-masing.
  7. Setelah komik kembali ke kelompok masing-masing, guru memberikan pengarahan dan kesimpulan.
  8. Bisa juga langsung dibuat evaluasi.
komik sosiologi 4

Komik sosiologi ini sudah admin terapkan dibanyak kelas dan banyak materi yang admin rasa bisa dibuat komik. Hasil dari penerapan komik ini sangat memuaskan, selain menggunakan gawai ternyata dengan media cetak juga bisa belajar menyenangkan, dan tentunya up to date.

Oiya komik sosiologi ini juga bisa digunakan oleh Bapak dan Ibu guru untuk bahan PTK loh. Sebenarnya bisa juga digunakan di mata pelajaran yang lainnya. Admin sendiri sudah pernah mencoba di mata pelajaran Sejarah Indonesia, dan hasilnya tetap sangat memuaskan.

Sahabat sosiologi sekian dulu ya postingan admin kali ini. tunggu postingan berikutnya. Jika bermanfaat silahkan share di media sosial kalian. Salam smartsosiologi.

1 thought on “Media Pembelajaran Komik Sosiologi Asyik, Kreatif, dan Menarik”

Leave a Comment