Pengertian Penelitian Sosial

Smartsosiologi – Penelitian, dalam sekejap pikiran kalian akan terhubung dengan sebuah ruangan bernuansa putih-putih penuh dengan peralatan bedah, penuh dengan alat-alat yang canggih. Seperti Mikroskop, kaca pembesar, alat bedah, sarung tangan lateks, masker dan masih banyak lagi.

Kenapa penelitian selalu diidentikkan dengan ilmu eksak? Padahal di ilmu-ilmu sosial juga ada penelitian lho. Kaget? Bagaimana caranya menggunakan mikroskop, kaca pembesar, alat bedah pada saat penelitian sosial?

Penelitian merupakan usaha untuk mendapatkan sesuatu yang baru untuk mengisi kekosongan. Mengembangkan artinya penelitian merupakan usaha memperluas dan menggali lebih dalam apa yang sudah ada, dan sebagai usaha menguji kebenaran, penelitian merupakan usaha untuk membuktikan kebenaran suatu hasil penelitian atau suatu teori.

Sebenarnya penelitian tidak hanya bisa dilakukan di ilmu eksak saja, ilmu sosial juga bisa melakukan sebuah penelitian.

Dalam sosiologi berbagai gejala sosial dapat dikaji melalui penelitian sosial. Penelitian sosial adalah penelitian yang dirancang untuk menambah pengetahuan sosial dan gejala sosial di masyarakat. Menurut Soerjono Soekanto, penelitian sosiologi termasuk penelitian ilmiah.

Penelitian ilmiah adalah penelitian yang bertujuan mempelajari satu atau beberapa gejala dengan jalan analisis dan pemeriksaan yang mendalam terhadap fakta masalah yang disoroti dan kemudian diusahakan pemecahannya.

Penasaran bukan gimana cara ilmu sosial melakukan penelitian? Let’s cek it ou, download file PDF di bawah:

[Download File] Penelitian Sosial

Sahabat sosiologi, terimakasih sudah belajar melalui website ini, semoga bermanfaat, jangan lupa kritik dan sarannya yang membangun. Jangan lupa comment dan request pembahasan materi yang lebih fresh. Admin smartsosiologi.com, Terimakasih.

2 thoughts on “Pengertian Penelitian Sosial”

    • ada di menu paling atas “cara download file” kalau dibuka lewat komputer, kalau lewat android menunya paling bawah passwordnya “smartsosiologi.com” tanpa tanda petik

      Reply

Leave a Comment